Inilah Tempat Wisata Di Solo Yang Populer dan Ramai Dikunjungi Oleh Wisatawan

Tempat Berlibur Wisata - Bila kita berbicara mengenai kota Solo atau yang disebut juga dengan Kota Surakarta pasti yang terniang/timbul dipikiran kita yaitu hasil kerajinan tangannya berupa Batik, ya Batik Solo. 

Hasil Kerajinan Tangan masyarakat Solo yang berupa Batik sudah sangat terkenal diseluruh penjuru tanah air bahkan sampai ke kemancanegara.

Tetapi perluh kita ketahui, bahwa bukan hanya dari segi kerajinan Batiknya saja yang dapat kita lihat dari Solo, melainkan kali ini kita akan membahas dari segi tempat-tempat wisata baik tempat wisata sejarah maupun tempat- tempat wisata modernnya. 

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, Kota Solo dalam hal ini pemerintah juga semakin kebut berbenah terutama di bidang pariwisatanya. Berikut artikel ini telah merangkum beberapa tempat-tempat wisata Solo yang dapat Anda jadikan sebagai tujuan wisata dalam mengisi hari libur Anda, diantaranya:

1.    Museum Manusia Purba Sangiran Solo


Museum Manusia Purba Sangiran adalah museum sejarah yang memiliki koleksi fosil-fosil manusia purba terlengkap di asia. Bangga bukan?? Tepat, anggapan itu memang benar sebab Museum Manusia Purba Sangiran memiliki lebih dari 13.000 koleksi fosil-fosil manusia purba yang masih tersimpan rapi dan terjaga.


Sebagai tempat wisata edukasi ilmu pengetahuan, Museum Manusia Purba Sangiran sangat cocok sebagai sarana  penambah pengetahuan Anda terutama buat anak-anak.

Bukan saja menyimpan berbagai fosil-fosil manusia purba tetapi Museum Manusia Purba Sangiran juga menyimpan berbagai fosil-fosil hewan-hewan purba, tumbuh-tumbuhan purba, batu-batuan, dan segala peralatan yang dipergunakan oleh manusia purba.


Anda penasaran ingin melihat langsung apa itu fosil dan bagaimana bentuk fosil itu??, maka dari itu datang dan nikmatilah liburan edukasi di Museum Manusia Purba Sangiran Solo.

2.    Wisata Pandawa Water World Baru


Berlibur wisata sambil membuang rasa penat dan letih merupakan hal yang sangat ditungguh-tungguh bagi setiap keluarga. Untuk itu Ini dia spot wisata keluarga yang sangat seru dan mengasikkan.


Pandawa Water World Baru adalah spot wisata air yang sangat cocok buat arena bermain atau tujuan wisata keluarga dan spot wisata keluarga ini sendiri berada di Solo Baru, Solo.


Spot wisata Pandawa Water World Baru ini buka setiap harinya dari mulai hari senin sampai dengan hari minggu dan untuk tarif/ biaya masuk arena bermain keluarga ini sangatlah bersahabat dikantong.  

3.    Tempat Wisata Taman Balekambang


Berwisata sambil beredukasi adalah saat yang seru dan baik bagi keluarga terutama bagi anak-anak. Tak perluh sulit untuk mencarinya terutama bagi Anda yang bertempat tinggal di Solo dan sekitarnya, sebab Taman Balekambang akan menjawab semua keinginan Anda itu.


Taman yang memiliki luas hingga + 10 Ha ini terbagi atas dua bagian yang kedua-duanya bernuansa berbeda, yaitu Taman Air Partini dan Hutan Partinah. Unik bukan namanya?? Ya, Taman Air Partini ini diperuntuhkan buat Anda yang senang bermain air atau menaiki perahu sedangkan Hutan Partinah ini lebih condong kepada hal-hal dunia aneka tanam-tanaman terutama tanaman yang tergolong langkah.


Tercatat, setiap tahun jumlah pengunjung Taman Balekambang ini mengalami peningkatan yang signifikan dan ini membuktikan bahwa Taman Balekambang merupakan destinasi wisata keluarga yang indah, unik dan menarik untuk dikunjungi. Untuk lokasi atau alamat dari Taman Balekambang ini sendiri berada di Jl. Ahmad Yani, Solo.   

4.   Tempat Wisata Keraton Surakarta


Inilah tempat wisata di Solo yang patut untuk Anda kunjungi karena memiliki nilai Sejarah yang tinggi. Keraton Surakarta yang disebut juga dengan nama Engkap Keraton Surakarta Hadiningrat dahulunya merupakan bagian dari Kerajaan yang bernama kerajaan Mataram.

Keraton Surakarta yang masih berdiri dengan kokoh ini menyimpan banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang unik dan menarik berupa peninggalan-peninggalan raja.  

5.    Tempat Wisata Tugu Lilin Solo 


terutama Boedi Oetomo didalam hal memperjuangkan kemerdekaan yaitu kemerdekaan di bidang pendidikan sehingga dibangunlah Tugu Lilin ini. Dengan bentuk tugu yang persis menyerupai lilin yang menyala-nyala dan ini melambangkan hal rasa semangat yang tinggi dan berkobar.

Sekedar berfoto selfie dengan mengambil latar Tugu Lilin ini adalah hal yang sangat unik dan menarik. Tugu Lilin ini sendiri beralamat di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo dan berada tak jahu dari kota Solo.


6.    Tempat Wisata Air Terjun Jumog


Dengan latar pemandangan alam yang indah, bersih dan asri menjadikan tempat wisata Air Terjun Jumog ini sebagai destinasi wisata yang favorit bagi semua wisatawan.


Dengan lokasi yang tak jauh dari pusat Kota Solo yaitu sekitar + 40 Km sehingga ini membuat destinasi wisata Air Terjun Jumog selalu ramai tiap tahunnya dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan yang berasal dari Solo sendiri maupun dari luar Jawa Tengah bahkan tak jarang juga kerap kita akan  menemukan wisatawan yang datang dari luar negeri. Untuk tarif masuk ke tempat wisata ini sendiri cukup terjangkau dan bersahabat dengan kantong.

7.    Tempat Wisata Taman Sriwedari


Taman Sriwedari merupakan tempat sarana hiburan edukasi yang terkenal di Solo. Tempat wisata yang memiliki nilai sejarah ini dahulunya merupakan tempat sarana hiburan buat semua anggota keluarga kerajaan, tetapi saat ini seiring mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern Taman Sriwedari disulap menjadi sarana hiburan rakyat yang sangat indah, unik, dan menarik untuk Anda kunjungi.


Ada banyak kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di dalam Taman Sriwedari ini, diantaranya: berfoto selfie, melihat pertunjukan kesenian wayang, mini water park, dan berbagai permainan untuk anak-anak. Apabila Anda telah berkeliling-keliling dan merasa lapar, sebaiknya Anda tidak perlu takut sebab di sekitar Taman Sriwedari juga terdapat banyak penjaja kuliner yang enak-enak.

8.  Wisata  Kampoeng Batik Kauman

Setelah Anda berkunjung keberbagai tempat wisata di Solo ada baiknya Anda juga singgah ke spot wisata budaya yang satu ini, yaitu Kampoeng Batik Kauman. Kampoeng Batik Kauman adalah sebuah pusat destinasi wisata yang menjual berbagai motif batik yang keren-keren dan modern.


Berbagai hasil kerajinan batik dari Kampoeng Batik Kauman telah terjual dan bahkan banyak juga wisatawan yang datang dari luar negeri untuk membeli batik dari sini. Kampoeng Batik ini berada di pusat kota Solo atau berlokasi tak jauh dari keraton Kasunan Surakarta. 

9.   Tempat Wisata Pasar Klewer


Nah.. ini dia pusat perbelanjaan yang menjadi incaran khususnya bagi para kaum ibu, yaitu Pasar Klewer. Pasar Klewer adalah pusat perbelanjaan yang sangat cocok buat Anda yang senang berburu berbelanja kain dan batik.


Sebagai pusat penjualan kain dan batik di Solo, di pasar Klewer ini juga Anda dapat memilih bebagai jenis kain dan batik yang Anda sukai dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kemampuan Anda untuk menawar semurah-murahnya.

10.   Wisata Kebun Binatang Taru Jurug


Tempat berlibur wisata di Solo yang berikut ini adalah kebun binatang Taru Jurug. Kebun Binatang Taru Jurug atau yang nama resminya yaitu Taman Satwa Taru Jurug adalah salah satu destinasi wisata favorit terkhusus warga Solo.


Tempat berlibur wisata Kebun Binatang Taru Jurug ini sendiri berlokasi tepat di tepi sungai Bengawan Solo atau lebih tepatnya perbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar. Kebun Binatang Taru Jurug ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan khsusnya di hari minggu dan hari libur besar lainnya.

11.  Tempat Wisata  Museum Radya Pustaka


Museum Radya Pustaka adalah museum yang berdekatan dengan Taman Sriwedari Solo. Museum Radya Pustaka ini termasuk kedalam salah satu museum tertua yang ada di Indonesia. Di dalam museum ini sendiri tersimpan banyak benda-benda sejarah yang berhubungan erat dengan Kota Solo terlebih peninggalan benda-benda kerajaan Keraton Mataram.


Salah satu koleksi benda sejarah yang cukup terkenal adalah koleksi benda berupa porselen yang adalah sebuah hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhunan Paku Buwono IV. Tetapi museum ini pernah mengalami suatu insiden yang mempriatinkan yaitu Museum Radya Pustaka pernah mengalami peristiwa pencurian benda-benda koleksi dan itu dilakukan oleh oknum keluarga kerajaan Surakarta sendiri.


Namun insiden ini telah ditangani oleh pihak kepolisian. Berlalu biarlah berlalu, tetapi biarlah kita bersama-sama untuk menjaga segala peninggalan sejarah yang menjadi warisan dan itu semua sangatlah berguna bagi anak cucu kita kelak.


12.    Wisata Grojongan Sewu Tawamangun


Jalan-jalan ke Solo sepertinya kurang lengkap apabila Anda tidak sekaligus mengunjungi tempat berlibur wisata Grojongan Sewu Tawamangun yang beralamat di Kab. Karanganyar atau lebih tepatnya berada disisi bagian Barat Gunung Sewu.


Grojongan Sewu Tawamangun adalah sebuah destinasi wisata alam berupa air terjun yang sangat indah dan eksotis. Keasrian dan keindahan dari tempat wisata ini mampu menghipnotis mata dan hati setiap pengunjungnya, sehingga para wisatawan berasa pengen berlama-lama Grojongan Sewu Tawamangun ini.


Previous
Next Post »