Kamis, 14 Juli 2016

Destinasi Wisata Banten Luar Biasa Indah Yang Sulit Untuk Dilupakan

Provinsi Banten adalah Provinsi yang secara Geografis berada di ujung bagian barat Pulau Jawa. Oleh sebab letaknya yang strategis dan mudah dijangkau, Provinsi Banten ini memiliki kontribusi potensi wisata yang luar biasa besar sehingga Banten sering dijadikan sebagai pilihan wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya.


Nahh.. langsung aja akan kita bahas secara lengkap beberapa tempat wisata yang dapat Anda pilih menjadi tujuan wisata dalam mengisi liburan Anda, diantaranya:

1.    Tempat Wisata Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon adalah taman Nasional yang dikelolah oleh pemerintah untuk kegiatan konservasi alam Indonesia. Taman Naional yang juga merupakan habitat bagi hewan yang dilindungi karena terancam punah.


Adapun hewan-hewan yang berada di Taman Nasional Ujung Kulon ini adalah sebagai berikut: badak  bercula satu, kukang, babi rusa, kijang, rusa, banteng, serta beraneka ragam dan jenis burung. Taman Nasional Ujung Kulon berlokasi di Desa Sukamanah, Kec. Malingping. Lebak , Banten.


Di Taman Nasional ini juga menyediakan berbagai fasilitas dan kegiatan yang dapat Anda lakukan disini, seperti fasilitas penginapan yang lengkap dengan sarana komunikasi dan listrik, sarana transportasi yang baik, sampai berbagai kegiatan seperti kegiatan berkeliling melihat alam Taman, kegiatan tracking, maupun kegiatan berkemah bersama semua keluarga. Seru bukan??  Maka dari itu dating dan nikmatilah keindahan dan keseruan berlibur di Taman Nasional Ujung Kulon Banten.

2.    Tempat Wisata Pantai Tanjung Lesung

Yupps…bicara mengenai keindahan dan keasrian dari Pantai Tanjung Lesung ini memang tak perluh lagi dipertanyakan. Keindahan dan keasrian dari Pantai Tanjung Lesung ini terlihat dari keadaan pantai yang masih terjaga kebersihan dan tertata rapi.


Pantai Tanjung Lesung ini memiliki pasir berwarna putih dengan total luas pantai sekitar + 1.500 Ha. Dengan kondisi ombak laut dari pantai Tanjung Lesung yang bersahabat, ini sangat cocok buat Anda yang hobbi melakukan kegiatan berselancar.

Saking terkenalnya, tak jarang Pantai Tanjung Lesung ini dijadikana sebagai tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara yang ingin menghabiskan hari libur mereka. Selain dapat dijadikan sebagai tempat kegiatan berselancar, juga di pantai yang berlokasi di daerah Labuan, Banten ini kita bisa melakukan kegiatan berenang, memancing, snorkeling, maupun hanya sekedar melihat-lihat keindahan alam pantai Tanjung Lesung ini. 

3.    Tempat Wisata Gunung Krakatau 

Bila kita berbicara mengenai gunung Krakatau, pasti timbul dibenak kita mengenai letusan amat dahsyat yang bukan hanya berdampak bagi Negara indonesia melainkan juga bagi semua umat manusia, sebab suara letusan serta gemurunya terdengar sampai ke benua Autralia dan awan panasnya sampai ke Eropa.

Sejarah mencatat bahwa letusan dahsyat dari gunung Krakatau ini terjadi pada tahun 1883 dan anak Krakatau muncul kepermukaan kembali pada tahun 1928. Gunung Krakatau ini termasuk kedalam gunung api aktif yang sangat indah bila pandang mata, dan terdapat banyak kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan disini, diantaranya: memancing, melihat-lihat panorama alam dan laut maupun melakukan kegiatan perkemahan dengan kondisi alam yang mendukung kegiatan. 

4.    Tempat Berlibur Wisata Pantai Anyer

Pantai Anyer merupakan  salah satu spot wisata pantai Banten yang wajib untuk Anda kunjungi disaat libur tiba. Pantai yang terletak tak jahu dari pusat Ibukota Jakarta ini menyajikan pemandangan yang indah, unik dan menarik.

Selain pantai dengan pasir putihnya, pantai Anyer ini juga memiliki ombak yang tenang dan nyaman buat Anda bersantai menenangkan jiwa yang letih, tahu tidak mengapa pantai ini dinamai sebagai pantai Anyar?? 

Ya, betul Pantai ini dinamai dengan Pantai Anyer itu krena pantai ini berada disepanjang garis pantai Kecamatan Anyer, Banten. Terdapat banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan dalam mengisi liburan di Pantai Anyer ini, diantaranya berenang, memancing, menaiki banana boat, berjemur, bermain jetski, snorkeling, dan masih banyak lagi kegiatan seru lainnya. 

Nahh…bila Anda telah asik berlibur disini dan perut mulai terasa lapar sebaiknya Anda tak perlu kawatir, sebab di sekitar wisata Pantai Anyer banyak menyajikan beragam jenis kuliner yang lezat dan terjangkau. Di Pantai ini juga terdapat banyak hotel dan tempat penginapan yang dapat Anda pergunakan ketika ingin berlama-lama berlibur wisata disini.

 5.    Tempat Wisata Kampung Baduy

Berwisata sambil belajar mengenai budaya dan adat warga setempat (Banten) adalah hal yang sangat seru dan mampu menambah wawasan kita. Kampung Baduy adalah salah satu destinasi wisata yag wajib untuk Anda kunjungi dan tak boleh dilewatkan ketika berada di Banten.

Kampung Baduy merupakan tempat tinggal salah satu suku asli Banten yaitu suku Baduy. Di kampung Baduy ini, suku Baduy terbagi menjadi dua, yaitu Suku Baduy Dalam dan suku Baduy Luar. Suku Baduy Dalam identik dengan suku yang tidak mau menerima dunia luar sedangkan suku Baduy Luar lebih mau terbuka terhadap dunia luar.

Di Kampung Baduy ini Anda akan mendapatkan berbagai pengalaman seputar kehidupan sehari-hari masyarakat maupun adat-istiadatnya.

6.    Tempat Wisata Pantai Sawarna

Pantai Sawarna adalah pantai yang terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak Banten atau berjarak + 150 Km dari Rangkasbitung. Pantai yang tergolong kedalam pantai yang memiliki ombak yang cocok buat kegiatan olahraga berselancar.

Di pantai Sawarna ini bukan hanya sering dikunjungi oleh wisatawan lokal melainkan juga pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar negeri. Pantai sawarna ini memiliki pemandangan pantai yang indah dan masih terjaga serta asri.

Pasir putih dan hamparan pemandangan perbukitan hijau semakin menghiasi pantai Sawarna ini dan inilah yang membuat pantai Sawarna menjadi unik dan membuat setiap orang menjadi penasaran ingin segera mengunjunginya.

7.    Arung Jeram Sungai Ciberang

Anda suka denga wisata yang menantang dan mampu memacu petualanga adrenalin Anda?? Bila demikian ada baiknya Anda musti mencoba petualangan arung jeram atau Rafting di sepanjang Sungai Ciberang ini.

Sungai Ciberang memiliki badan sungai yang penuh dengan jeram-jeram yang menantang dan penuh sensasi, sebab letaknya yang jahu diatas permukaan laut atau pegunungan. Sebelum Anda menuju spot wisata Sungai Ciberang, yaitu untuk menikmati olahraga arung jeram, maka Anda harus menyusuri jalan yang berliku dan terjal. 

Ketika Anda sampai di Sungai Ciberang dan melakukan kegiatan olahraga arung jeram maka disitulah Anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah berupa kondisi alam Taman Nasional Gunung Halimun yang masih terjaga keasrian, keindahannya dan jahu dari tangan-tangan jahil manusia serta hal itu dapat membuat semangat petualangan adrenalin Anda semakin terpacu.

Pengarung jeraman yang melelahkan dan memakan waktu yang cukup lama yaitu sampai 5 jam lamanya tidak akan terasa sebab semuanya itu dibarengi dengan semangat dan kebahagianan yang mantap. 

8.    Tempat Wisata Pulau Umang

Ini dia tempat wisata indah, unik, dan menarik yang liburan Anda di Banten kurang lengkap bila tidak mengunjunginya. Ialah Pulau Umang, Pulau Umang yang merupakan tempat wisata favorit dan terkenal di Banten ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara.

Pulau yang dikelolah oleh perusahaan swasta ini menyediakan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap buat para pengunjungnya, seperti: fasilitas spa, fasilitas ruang pertemuan, fasilitas olahraga, kolam renang serta permainan airnya, Sunset lounge, maupun fasilitas hiburan lainnya. 

Apabila Anda berada di Jakarta dan ingin mendapat pelayanan berupa layanan sewa mobil, Anda tak perluh kuatir sebab pihak pengelolah juga menyediakan jasa sewa mobil dari Jakarta ke Pulau Umang yang dapat mempermudah akomodasi Anda dari dan menuju Jakarta.

9.    Tempat Berlibur Wisata Masjid Agung Banten


Inilah tempat wisata Religi yang patut untuk Anda kunjungi bersama semua keluarga ialah Masjid Agung Banten. Masjid yang merupakan bangunan peninggalan sejarah kerajaan Islam yang pernah berkembang di Banten.

Masjid Agung Banten sendiri dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin yaitu pada tahun 1552 s/d 1569. Terletak di Desa Banten Lama, Masjid Agung Banten saat ini menjadi tujuan wisata religi yang ramai dikunjungi  baik dari lokal maupun dari luar Jawa Barat. Meskipun sebagai Masjid yang tertua di Indonesia, Masjid Agung Banten tetap jaya dan berdiri dengan kokohnya.

Cukup sekianlah artikel seputar berbagai tempat wisata di Banten ini, yang semoga artikel ini dapat bermanfaat buat Anda ketika ingin memilih-milih tujuan wisata didalam mengisi hari libur. Trims

0 komentar

Posting Komentar