Wisata Pangandaran Yang Populer Dan Ramai Di Kunjungi Oleh Wisatawan

Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukota Pangandaran adalah Parigi dan Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kab.Ciamis serta Kota Banjar di sebelah utara, Kab. Cilacap di sebelah timur, serta Kabupaten Tasikmalaya di sebelah barat.

Pangandaran dahulunya merupakan satu kawasan dengan Kab. Ciamis tetapi pada bulan Oktober 2012, Pangandaran telah resmi berdiri sebagai suatu wilayah administrasi Kabupaten yang berdiri sendiri. Setelah Pangandaran resmi berdiri sebagai suatu Kabupaten, disitulah Pangandaran semakin berbenah dan berkembang diberbagai bidang terutama di bidang Pariwisatanya. 

Pariwisata yang menjadi andalan dari Pangandaran adalah wisata Pantainya, memang pantai yang berada di Pangandaran memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Tetapi bukan hanya pantai saja sebagai destinasi wisata yang terdapat di Pangandaran, mau tau??, yaa berikut Tempatberliburwisata telah merangkumnya kedalam beberapa tujuan destinasi wisata pilihan para wisatawan di Pangandaran. 

      1.   Cagar Alam Pananjung


Cagar alam Pananjung adalah cagar alam yang memiliki berbagai ragam kekayaan flora maupun fauna-nya. Cagar alam Pananjung ini menjadi satu-satunya obyek wisata hutan yang berada di Pangandaran.

Adapun jenis flora dari hutan utamanya adalah popohan kondang dan benda. Sedangkan jenis flora dari hutan sekundernya adalah merong, laban, kisegel, dan lain-lain.  Serta adapun Hewan-hewan yang dapat ditemui di Cagar Alam Pananjung ini antara lain rusa, monyet ekor panjang, kalong,banteng, dan lutung.


 
Dan di Cagar Alam Pananjungan ini juga memiliki keunikan yang tak boleh Anda lewatkan, yaitu terdapatnya goa alam dan goa-goa masa peninggalan Jepang serta terdapat juga Batu Kalde atau Sapi Gumarang yang adalah  peninggalan sejarah zaman Hindu.

      2.   Pantai Madasari


Pantai Madasari adalah pantai yang berlokasi di Desa Masawah, Kec. Cimerak, atau + 40 km dari Pantai cantik Pangandaran. Pantai ini identik dengan terdapatnya pemandangan alam berupa pulau-pulau kecil yang cantik berpadu dengan bebatuan karang serta  hamparan pepohonan ketapang di sepanjang garis pantai Madasari.

 Di Pantai  Madasari ini Anda juga dapat melakukan kegiatan olahraga berselancar, karena Pantai Madasari memiliki ombak yang baik untuk olahraga itu. Tetapi sekedar imbauan untuk kita semua bahwa apabila Anda berenang atau sekedar berjalan-jalan di tepi pantai, Anda perluh berhati-hati terhadap terdapatnya bulu babi.

3.      Cukang Taneuh

Cukang Taneuh adalah destinasi wisata Pangandaran yang sangat terkenal di masyarakat. Keindahan dan keunikan dari destinasi wisata ini membuat setiap orang yang melihatnya merasa takjub dan pengen berlama-lama menikmati liburan disini.


Tak tanggung-tanggung oleh karena keindahan dan keunikan dari Cukang Taneuk ini sehingga tepatnya pada tahun 1993 Cukang Taneuh mendapat julukan sebagai Green Canyon-nya Pangandaran oleh seorang berkebangsaan Prancis yaitu pada tahun 1993.


Pesona dan keindahan alam yang masih terjaga keasriannya membuat Cukang Taneuh ini sebagai destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Cukang Taneuh berlokasi di Desa Kertajaya, Jl.Grand Canyon-Cijulang. Pangandaran, Jawa Barat atau sekitar 31 Km dari kota Pangandaran. Dijamin dee.. Anda pasti puas memandang dan berfoto selfie di Grang Canyon-nya Pangandaran ini.

4.      Pantai Pangandaran

Sepertinya berwisata kurang lengkap apabila tidak singgah ke Pengandaran terutama menikmati keindahan dari pantainya. Pantai Pangandaran ini menjadi destinasi wisata primadona bagi semua wisatawan yang menghabiskan hari libur merekadan ingin membuang rasa penat.


Pantai yang berlokasi di Desa Pananjung, Kec. Pangandaran. Jika Anda berada di Ciamis dan pengen ke Pantai Pangandaran ini, Anda cukup berjalan menuju kearah selatan yaitu sekitar + 92 km. Di lokasi wisata pantai Pangandaran ini Anda bisa melihat langsung pemandangan matahari terbit (Sunrise) dan matahari terbenam (Sunset) yang indah serta memukau setiap pasang mata yang memandangnya, berenang-renang, maupun hanya sekedar bersedagurau bersama semua keluarga di tepi pantai dengan rasa aman karena pantainya cukup landai.


Pantai Pangandaran yang  berpasir putih dan air lautnya yang biru menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang, sehingga banyak wisatawan yang datang berulang-ulang ke pantai Pangandaran dan tidak merasa bosan untuk datang untuk menghabiskan hari libur mereka.

5.      Gua Sumur Mudal

Gua Sumur Mudal adalah spot wisata seru berikutnya yang berada di Pangandaran. Gua Sumur Mudal merupakan spot wisata yang setiap tahunnya ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan dari dalam negeri maupun wisatawan yang datang dari luar negeri.


Sesuai dengan nama spot wisata yang satu ini, Gua Sumur Mudal ini dahulunya terdapat sumber mata air memiliki arti yang memiliki bentuk menyerupai sumur dan “Mudal” memiliki arti mendidih dalam bahasa Indonesia. Keindahan dan keeksotisan dari spot wisata yang satu ini sangatlah jarang dapat kita temui di tempat wisata yang lain. Unik bukan??

      6. Curug Bojong

Pangandaran yang sejak dahulunya terkenal dengan wisata pantainya yang indah dan menawan juga menyimpan spot wisata lain yang juga sama-sama menarik untuk Anda kunjungi bersama semua keluarga yaitu Curuk Bojong.


Curug Bojong yang dulunya bernama Curug Sawangan menyimpan keindahan alam air terjun yang sungguh luar biasa indah. Apabila Anda dari Pangandaran ingin menuju tempat wisata Curug Bojong ini ada baiknya Anda langsung saja memilih rute dari jalur Babakan selanjutnya Sukahurip dan total jarak tempu Anda hanya sekitar 6 Km, cukup dekatkan?? Datang dan nikmatilah keindahan dari tempat wisata Curug Bojong ini bersama semua keluarga yang Anda cintai.

    7. Pantai Keusik Luhur


Pantai Keusik ini berlokasi di Desa Kertamukti, Kec. Cimerak, atau berjarak tempuh sekitar 45 km dari Pangandaram. Dengan latar alam pantai yang indah berpaduh dengan keelokan pegunungan menjadikan tempat wisata ini popular dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sesuai dengan nama dari pantai ini, “Keusik” berarti pasir dan “Luhur” berarti tinggi sehingga didapat kesimpulan dari nama itu bahwa gelombang laut yang besar mengakibatkan pasir terangkat tinggi ke batu karang.

    8. Pangandaran Waterpark


Pangandaran waterpark adalah salah satu wahana hiburan keluarga terbaru yang terdapat di Pangandaran. Pangandaran Waterpark ini berada di pinggiran Pantai Lembah Putri dan disini juga terdapat beberapa kolam yang dapat Anda gunakan dalam mengisi liburan serta terdapat juga lapangan yang cukup luas buat Anda yang senang dengan kegiatan olahraga berkendara ATV. Pangandaran Waterpark ini berada di Kec. Kalipucang, Pangandaran.

    9. Pantai Batu Hiu 

Ini dia salah satu wisata Pangandaran yang dapat Anda jadikan sebagai tujuan destinasi wisata keluarga, yaitu pantai Batu Hiu di lokasi Pantai Batu Hiu ini terdapat tebing yang cukup terjal serta memiliki pemandangan lepas ke arah Samudra Hindia.


Pantai Batu Hiu ini berada di Desa Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran atau berjarak + 14 Km ke arah Selatan Pangandaran. Dari Pantai Batu Hiu ini Anda akan dimanjakan dengan keeksotisan pemandangan lepas laut biru yang mampu memukau setiap pengunjungnya.

Keunikan dari Pantai Batu Hiu ini juga tampak dari banyaknya tanaman pohon Pandan Wong yang senganja ditanami agar menambah keindahan pantai ini dan itu sangat bagus dijadikan sebagai latar untuk berfoto selfie.


Keberagaman tempat wisata Pangandaran memang harus diacungi jempol. Keindahan dan keunikan merupakan modal bagi kepopuleran tempat wisata Pangandaran dan semoga informasi dari artikel tempat wisata Pangandaran ini dapat membantu Anda dalam memilih berbagai destinasi wisata Pangandaran. Cukup sekian dan trimakasih.   
Previous
Next Post »