Kamis, 23 Juni 2016

Tempat Wisata Di Nanggroe Aceh Darussalam Yang Sangat Fenomenal

Bagi kita, tragedi tsunami yang pernah menimpah Aceh merupakan peristiwa yang tak akan pernah terlupakan di dalam benak kita. Bencana alam tsunami yang sempat memporak-porandakan sebagian besar Aceh telah menyimpan banyak sekali kenangan terutama bagi warga Aceh sendiri. Banyak korban jiwa, harta benda, bahkan peristiwa ini membuat banyak jiwa menjadi trauma keadaan inilah yang membuktikan bahwa betapa dahsyatnya peristiwa yang terjadi di tahun 2004 silam.

Dengan kondisi seperti ini, Aceh yang kita kenal merupakan salah satu daerah  di Indonesia yang di beri hak otonomi daerah sempat mengalami kendala di beberapa sektor sebut saja sektor ekonomi dan pariwisata, tetapi pemerintah dengan di bantu dari semangat penuh masyarakat Aceh  serta memiliki tekad yang kuat bahwa tidak mau terlalu lama terpuruk dengan kondisi ini sehingga tak lama kemudian lambat laun keterpurukan itu menjadi semangat bersama dalam memulihkan kembali dan tidak tanggung-tanggung salah satu bidang yaitu bidang Pariwisata terus mengalami berkembang yang signifikan.

Provinsi yang memiliki nama lengkap Nanggroe Aceh Darussalam ini berada di ujung pulau Sumatera, tepatnya di sebelah Barat Samudera Hindia, sebelah Tenggara Sumatera Utara, sebelah Timur Selat Malaka, dan sebelah Utara Teluk Benggala ini memiliki panorama Tempat Berlibur Wisata yang Indah, unik, dan menarik serta wajib untuk Anda kunjungi khususnya bersama seluruh keluarga.


Yups, berikut telah dirangkum Tempat-tempat destinasi Berlibur Wisata yang dapat Anda jadikan sebagai tujuan wisata favorit di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, diantaranya:
 
1. Tempat Wisata Religius Masjid Raya Baiturrahman

Inilah destinasi wisata Religius di Provinsi Aceh yang wajib untuk Anda kunjungi, berlibur wisata sambil menambah pengetahuan bidang agama adalah salah satu nilai tambah buat kita di dalam melakukan liburan. Masjid yang dulunya dibangun oleh Sultan Iskandar Muda yaitu tepatnya pada tahun 1612 ini menjadi tempat tujuan wisata oleh para wisatawan yang datang ke Aceh.


Dengan kondisi bangunan Masjid yang terbilang tua, namun dapat kita lihat bahwa bangunan Masjid Raya Baiturrahman ini masih tetap berdiri dengan kokoh hingga sampai saat ini dengan megahnya.

Bahkan Masjid Raya Baiturrahman ini masuk kedalam sebuah situs resmi yaitu Huffington Post dan menjadikan Masjid Raya Baiturrahman ini kedalam daftar 100 Masjid terindah yang ada dunia, bahkan Yahoo menyebutkan Masjid Raya Baiturrahman ini sebagai salah satu dari 10 Masjid terindah yang ada dunia. Masjid Raya Baiturrahman yang identik dengan ciri-ciri berwarna putih, memiliki kubah berwarna hitam pakat besar dan dikelilingi oleh tujuh menara yang menjulang tinggi ke langit juga dijadikan sebagai ikon dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

2. Tempat Berlibur Wisata Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam adalah air terjun yang berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara dan dapat Anda  ditempuh +30 menit dari Lhokseumawe. Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 75 m ini menyediaan alam sekitar air terjun yang masih hijau dengan hamparan pepohonannya dan asri serta jahu dari kerusakan yang diakibatkan dari tangan-tangan jahil manusia yang ingin merusaknya.


Apabila Anda ingin menikmati suasana alam Air Terjun Blang Kolam untuk lebih lama lagi, maka hal demikian dapat dilakukan dengan membawah perlengkapan kemah agar Anda dapat melakukan kegiatan perkemahan bersama semua keluarga.

Agar Anda dapat berkemah serta menikmati alam bebas Air Terjun Blang Kolam, maka Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp.5.000/orang. Datang dan kunjungilah Tempat Berlibur Wisata Air Terjun Blang Kolam. 

3. Tempat Berlibur Wisata Air Terjun Suhom

Inilah Tempat Berlibur Wisata di Aceh yang wajib untuk Anda kunjungi ialah Air Terjun Suhom, air terjun yang berada di desa Suhom, Kec Lhoong Aceh Besar menyajikan panorama air terjun yang luar biasa indah nan eksotis.


Untuk dapat menjangkau Air Terjun Suhon ini para pengunjung akan dibawa kengikuti alur perjalanan naik-turun mengikuti kontur pegunugan bukan hanya itu bahkan tak jarang para pengunjung juga akan menemukan banyak monyet-monyet yang melintas di jalan.

Air Terjun Suhon memiliki ketinggian hingga mencapai + 50 m dengan terbagi atas tiga tingkat, tetapi perluh diingat bahwa semua para pengunjung yang datang kesini hanya diperbolehkan naik hanya sampai batas tingkattan yang pertama tetapi untuk tingkatan yang kedua dan ketiga Anda diimbau untuk tidak menaikinya sebab hal itu berbahaya bagi keselamatan Anda saat berlibur wisata.

4.Tempat Berlibur Wisata Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk adalah pantai yang berlokasi di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar. Pantai Lampuuk sering dijadikan para wisatawan sebagai destinasi liburan mereka sebab pantai Lampuuk sendiri memiliki karakteristik pantai dengan air laut yang biru jernih dan pantai pasir putih nan lembut.



Pantai yang memiliki pemandangan yang sangat indah ini juga sangat baik digunakan sebagai zona bermain keluarga, sebab di sini Anda dapat melakukan berbgai jenis kegiatan diantaranya:berenang, berkeliling dengan banana boat, memancing, berselancar, dan atau sekedar berjemur dibawah matahari pagi Pantai Lampuuk.Keindahan dan keeksotisan dari Pantai Lampuuk ini juga dapat Anda rasakan dan semakin lengkap ketika Anda turut serta dalam kegiatan pelestarian penyu, yaitu dengan melepaskan tukik menuju habitatnya ke lautan lepas.

Apabila Anda ingin berlama-lama menikmati liburan dari keindahan alam Pantai Lampuuk ini, ada baiknya Anda tak perlu kawatir mencari-cari tempat penginapan untuk bemalam, sebab di sekitar Pantai Lampuuk ini juga tersedia tempat penginapan/ Cottage yang lengkap dengan berbagai aneka sajian makanan yang meggugah selerah Anda. Untuk biaya masuk ke dalam lokasi Pantai Lampuuk ini sendiri, Anda cukup dikenakan tarif masuk sebesar Rp.3000. Seru bukan??Mari datang dan nikmatilah keindahan dari Pantai Lampuuk ini, Thanks.

5. Tempat Berlibur Wisata Pantai Lhoknga




Pantai Lhoknga adalah pantai yang indah dan terletak tak tahu dari Banda Aceh, yaitu berjarak sekitar 20 Km. Pantai ini memiliki karakteristik gelombang ombak yang cukup ideal untuk kegiatan olahraga surving atau berselancar, sebab ombaknya berketinggian 1,5 s/d 2 meter.

Nahh...keindahan alam pantai Lhoknga akan semakin lengkap ketika Anda juga dapat menikmati dan merasakan suasana Sunset atau matahari terbenamnya yang penuh dengan sensasi damai dan tenang sambil bersantai dan berjemur di tepian pantai.

6. Tempat Berlibur Wisata Museum Tsunami

Inilah slah satu Tempat Berlibur Wisata yang dapat Anda jadikan sebagai tambahan pengetahuan dalam tragedi bencana alam Tsunami yang pernah melandah bumi Nanggroe Aceh Darussalam. Museum Tsunami Aceh ini berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda dan dibangun pada tahun 2009. Museum ini dibangun dalam rangkah mengenang segala hal-hal yang berhubungan dengan Tsunami tahun 2004 silam.



Didalam Museum Tsunami sendiri Anda akan menemukan sebuah lorong panjang dengan simulasi suara gemuru ombak yang dapat membawah Anda kedalam suasana piluh pada saat Tsunami melanda serambi Mekahnya Indonesia. Museum Tsunami ini dibangun Pemerintah sebagai pusat pendidikan dan juga sebagai tempat perlindungan apabila tsunami datang kembali.

Dijakan sebagai tempat pusat pendidikan, ini disebabkan didalam Museum sendiri Anda dapat menemukan banyak sekali peninggalan tsunami baik itu barang-barang yang tersapu ombak tsunami, dokumen cerita kesaksian para korban tsunami maupun alat elektronok simulasi gempa dahsyat itu . Museum Tsunami ini buka setiap hari kecuali hari Jum'at mulai pukul 10:00 s/d 17:00 Wib.

7. Tempat Berlibur Wisata Pantai Ulee Lheue

Anda hobi atau penggila kegiatan memanci ?? sepertinya Pantai Ulee Lheue adalah tempat yang cocok untuk para penggila kegiatan memancing. Pantai yang berjarak + 3 Km dari pusat kota Banda Aceh ini menyuguhkan pemandangan alam pantai yang indah, dan menarik, yaitu dengan hamparan laut biru jernih yang eksotis dan jejeran barisan pegunungan. 

8.Tempat Berlibur Wisata Pulau Rubiah

Pulau Rubiah adalah pulau yang terletak di Sabang, lebih tepatnya berada di sebelah barat laut Pulau We. Pulau Rubiah adalah Tempat Berlibur Wisata yang memiliki keindahan pada alam bawah lautnya yang mana alam bawah laut Pulau Rubiah penuh dengan biota laut yang dilindungi, yaitu hingga mencapai 14 s/d 15 jenis biota laut.



Bukan hanya biota lautnya yang mendiami bawah laut Pulau Ribiah tetapi juga Anda akan disuguhkan dengan keindahan warna-warni dari terumbu karang yang tumbuh subur di sini. Apabila Anda ingin melakukan kegiatan olahraga snorkeling dan tetapi Anda lupa untuk membawa segala perlengkapan snorkeling tersebut, Anda tak perluh kawatir atau bahkan mengurungkan niat untuk bersnorkeli sebab disini terdapat jasa penyewaan segala peralatan snorkeling dan ada baiknya Anda menyewahnya, dengan biaya sebesar Rp.40.000 Anda sudah dapat menggunakan perlengkapan snorkling seharian.



9. Tempat Berlibur Wisata Danau Laut Tawar



Danau Laut Tawar adalah danau yang berada di Kab. Aceh Tengah atau lebih tepatnya berlokasi di daratan tinggi Gayo. Danau Laut Tawar ini memiliki luas 5.472 Ha, dengan panjang sekitar 17 Km, dan lebar danau sekitar 3.219 Km. Soal keindahan dari Danau Laut Tawar ini sebiknya jangan diragukan dan sudah terbukti indah dan menarik.

10. Tempat Berlibur Wisata Kuala Merisi

Anda butuh ketenagan dan keheninga saat Berlibur Wisata?? Kuala Merisi adalah tempatnya. Kuala Marisi adala sebuah Tempat Berlibur Wisata alam pantai yang berlokasi di Desa Ketapang, Kab. Krueng Sabee. 



Kuala Merisi adalah pantai yang memiliki berkarakter berombak kecil dan bergaris pantai yang panjang sangat cocok bagi yang butuh kenyamanan dan ketenangan. Dengan hembusan angin sepoi-sepoi dan deburan ombak dapat menyuguhkan kenyamanan dalam jiwa Anda yang telah letih seharian beraktivitas.

Disekitar Kuala Marisi ini juga memiliki fasilitas pendukung lengkap lainnya, yaitu seperti kamar mandi dan deretan warung makan yang menyediakan makanan yang enak-enak menggugah selerah Anda.

 11. Tempat Berlibur Wisata Pantan Terong

Pantan Terong adalah sebuah bukit yang memiliki ketinggian +1830 meter dpl. Dengan ketinggian yang demikian, bayak para wisatwan yang datang kesini menikmati keindahan dari Aceh Tengah dari atas bukit. 



Dari Pantan Terong ini Anda juga dapat menikmati keindahan dari Danau Air Tawar yang bila dilihat dari atas Danau tersebut pas menyerupai kuali raksasa yang berisi air.

Sedikit imbahuan kepada kita, yaitu bila ingin menikmati keindahan Pantan Terong ada baiknya Anda membawa jaket atau sejenis baju hangat, sebab suhu udara disini terbilang dingin bagi tubuh. Di Pantan Terong ini juga Anda juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit/sunrise sapai matahari terbenam/ sunset.

12.Tempat Berlibur Wisata Pantai Iboih



Pantai Iboih adalah salah satu pantai yang masuk nominasi pantai terindah yang berada di Aceh. Dengan karakteristik hamparan pasir putih, lautnya yang biru bening dan pemandangan alam sekitar pantai yang indah menjadikan Pantai Iboih sering didatangi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun interlokal Aceh.  


0 komentar

Posting Komentar