Panorama Keindahan Alam Taman Eden 100 Toba samosir


Apakah Anda seorang pecinta kegiatan adventure atau Tracking di alam terbuka?? Sepertinya Wisata Alam Taman Eden 100 adalah spot trecking yang pas, keindahan dan kealamian pesona alam Taman Eden 100 sudah sangat terkenal hingga sampai kemancanegara sehingga banyak wisatawan yang datang untuk sekaligus melakukan kegiatan camping bersama semua keluarga.


Pesona alam yang dapat kita dari taman ini ialah terdapatnya berbagai jenis frora dan fauna yang masih terjaga kelestariannya. Inilah pelopor pendiri dari Taman Eden 100, berawal dari Bapak Marandus Sirait seorang yang peka akan alam memiliki niat yang gigih akan memperbaiki alam sekitar yang sudah rusak. 


 Seperti yang dilansir dari wawancara kepada Reporter Media Center Toba Samosir beliau dulunya adalah seorang guru musik di Medan tetapi kepekaan beliau yang tidak sanggup melihat keadaan alam yang gersang dan tandus disaat beliau pulang kampung, sehingga beliau ingin mengubahnya. Dengan menjual beberapa alat musik miliknya seperti keyboard, seperangkat drum, gitar listrik hingga televise miliknya agar menjadi modal untuk pembelihan tanaman pohon produktif, mengembangkan Taman Eden 100, dan melakukan beberapa survey. 

Memang tidak ada usaha yang sia-sia itulah kata-kata yang cocok diberikan kepada Bapak pelopor kelestarian lingkungan hidup Bapak Marandus Sirait, akibat kerja keras yang beliau berikan terahadap lahan seluas 40 Ha milik keluarganya yang dulunya gersang tandus tidak ada tanaman dan akhrnya berubah total menjadi spot wisata alam alami dan kaya akan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan menjadi hunian berbagai fauna salah satu diantaranya harimau sumatera dan kalelawar. 

Sesuai dengan namanya “Taman Eden 100” yang berarti taman yang ditumbuhi 100 jenis tumbuhan umum dan juga berbuah seperti diantaranya: alpukat, jeruk, durian, jambu, marquisa, stroberry, konservasi tamanan anggrek Toba (Orchid Park), dll. 

Berbagai jenis frora endemik Toba juga dapat kita lihat di area Taman Eden 100 ini seperti pohon hariara, tahul-tahul, andaliman, sampinur, dll. Bukan hanya itu di Taman Eden 100 yang memiliki udara sejuk dan bersuhu mencapai 20 derajat Celsius pada siang hari ini juga terdapat Pohon ara atau tin yang mana bibit pohon ini sengaja didatangkan langsung dari negara asalnya yaitu Israel dan juga pohon butter nut yang berasal dari hutan Amazon. Selain dari lingkungan alam yang asri, alami, dan kaya akan aneka jenis frora dan faunanya di dalam Taman Eden 100 ini juga terdapat beberapa panorama alam yang indah seperti bertualang di alam bebas mendaki mendaki gunung Sipangulubao dan bukit manja, melihat keeksotisan air terjun, dan goa kalelawar.



Wisata Alam Taman Eden 100 ini berada di Desa Sionggang Utara, Kec. Lumbanjulu, Kab. Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Cukup sekian dan selamat menikmati liburan.
Previous
Next Post »