5 Pulau Tujuan Wisata Selain Samosir Terdapat Di Danau Toba Yang Belum Banyak Orang Tahu

Danau Toba memang tak habis-habisnya selalu memberikan panorama alam yang luar biasa menakjubkan. Danau Toba adalah danau yang dikelilingi oleh 7 Kabupaten yaitu diantaranya: Kabupaten Samosir, kabupaten Karo, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Kabupaten Dairi. 

Danau Toba merupakan danau yang telah diakui keberadaannya sebagai danau terbesar se-Asia Tenggara dengan panjang 100 Km dan lebarnya mencapai 30 Km. Panorama danau yang indah dengan penampakan pulau Samosir sebagai pulau terbesar diantara beberapa gugusan pulau lain yang menghiasi danau toba menunjukkan eksistensi wisata Danau Toba. 

Gugusan Pulau?? Iya ternyata bila kita amati dengan seksama dibalik keindahan pulau Samosir yang selama ini kita kenal sebagai pulau yang terdapat di danau Toba rupa-rupanya terdapat juga 5 pulau cantik yang tersebar disepanjang 7 kabupaten yang meniangi danau Toba dan pulau-pulau cantik ini sampai sekarang belum banyak wisatawan mengetahuinya. 

Adapun ke-5 pulau Cantik dan eksotis itu penulis telah merangkumnya ke dalam 5 pulau tujuan wisata selain Samosir terdapat di danau Toba yang belum banyak orang tahu sehingga dapat dijadikan sebagai kunjungan wisata selain Pulau Samosir.

1. Pulau Sibandang  


Kondisi Alam Danau Toba yang merupakan hasil bentukan alam dari letusan mahadahsyat  letusan gunung Purba Toba  telah mengubah pesona alam danau yang luar biasa menakjubkan. Inilah salah satu dari bentukan alam itu yaitu pulau Sibandang. 


Pulau Sibandang adalah pulau terbesar kedua setelah Pulau Samosir yang masuk kedalam wilayah administratif Kabupaten Tapanuli Utara. Pulau Sibandang  ini sudah didiami atau dihuni oleh masyarakat yang terdiri atas 4 marga besar yaitu Ompusunggu, Simaremare, Rajagukguk, dan marga Siregar.


Didalam pulau ini juga terdapat banyak ditumbuhi pohon-pohon  mangga yang buahnya manis-manis dan sudah terkenal keseluruh daerah, sehingga pulau ini juga mendapat julukan dari masyarakat sebagai pulau mangga. 

Deburan ombak yang mengempas di lepas pantai pulau Sibandang yang berbatu semakin menambah keeksotisan pulau ini. Bila Anda ingin menuju Pulau Sibandang ini rute terbaik yang dapat Anda pakai yaitu dari Pelabuhan Muara dengan menggunakan boat cepat Anda dapat menempuh waktu 15 menit.


Sembari menikmati liburan di pulau Sibandang ini, Anda juga dapat melakukan kegiatan lain seperti berenang dan memancing, disini ikannya banyak dan besar-besar seperti ikan mas, ikan jahir, ikan pora-pora, dll.

2. Pulau Tao


Pulau Tao adalah pulau cantik yang terdapat di danau Toba. Pulau yang menyuguhkan panorama indah ini salah satu dari keenam pulau yang pernah dikunjungi oleh wisatawan. Panorama pulau yang ditumbuhi oleh pepohonan rindang dan hijau ini menjadi rekomendasi buat wisatawan yang hendak berlibut wisata di sekitar Danau Toba. 


Luas pulau Tao ini sendiri sekitar 1 Km, sehingga memungkinkan Anda dapat menjelajahi seluruh pulau Tao. Keasrian dari pulau Tao ini sangat cocok buat Anda yang suka dengan suasana nyaman dan tenang dari hiruk pikuk keramaian kota.

Ditemani deburan ombak, Anda juga dapat menikmati beberapa hidangan menu kuliner yang tersedia di sebuah restoran satu-satunya yang terdapat di dalam pulau ini. Tak jarang dikala hari tertentu kita juga dapat menjumpai beberapa wisatawan yang melakukan kegiatan Camping di Pulau Tao ini dan itu merupakan hal yang seru dan menyenangkan sebab ini berasa di dalam pulau milik sendiri. 

Dahulunya pulau ini terdapat tempat penginaan yang dapat digunakan oleh setiap pengunjung, tetapi dikarenakan berkurangnya pengunjung akibat krisis moneter yang melanda Indonesia sehingga tempat penginapan ini tutup dan tidak beroperasi lagi. Dari kota Parapat Anda dapat menujuh pulau Tao ini dengan menggunakan boat yang telah tersedia di Parapat

3. Pulau Tulas


Pulau Tulas adalah salah satu pulau kecil nan indah yang menghiasi danau Toba. Pulau Tulas ini dapat Anda jadikan sebagai tujuan wisata selanjutnya setelah pulau Samosir. Menjelajahi pulau Tulas adalah hal yang menarik dan patut unutuk Anda coba. Sebab dari Pulau Tulas ini sangat jelas terlihat bentukan alam perbukitan dan pegunungan pulau Samosir yang begitu Indah terutama dari palau Tulas ini juga Anda dapat memanjakan mata dengan melihat keeksotisan dari gunung berapi Pusuk Buhit. 


Pulau Tulas ini tidak berpenghuni sehingga alam pulau ini sangat cocok buat Anda yang gemar akan  kegiatan alam seperti pramuka gitu dengan menggelar tenda camping

4. Pulau tolping


Pulau Tolping adalah salah satu gugusan pulau di danau Toba yang terdapat di kab. Dairi, atau lebih tepatnya Pulau Tolping ini berada disebuah desa wisata di pinggir Danau Toba yaitu desa Silalahi. Masyarakat mengatakan bahwa daerah Silalahi ini merupakan ujung dari danau Toba oleh karena hanya dari daerah Silalahi  inilah danau Toba dapat diukur kedalamannya.


Pulau ini adalah salah satu dari beberapa Pulau kecil yang berada di Danau Toba, akan tetapi keindahannya sangatlah mempesona sebab disini kita akan menemukan pantai yang tersusu atas  batu-batuan kecil yang tersusun rapi secara alami. Oleh karena keindahan dari pulau Tolping ini seorang musisi terkenal Batak Erik Sihotang pernah mengadakan syuting video klip salah satu lagunya di pulau ini..

5. Pulau simamora


Pulau Simamora adalah pulau indah selanjutnya yang terdapat di danau Toba.  Pulau Simamora  secara administrative yang  terletak di Kec. Baktiraja, Kab. Humbang Hasundutan, Propinsi Sumatera Utara ini memiliki panorama alam yang indah dan belum banyak wisatawan yang mengetahuinya.


Pulau yang  bertitik koordinat 02° 20' 32'' LU dan 98° 49' 24'' BT serta bertopografi pantai yang didominasi oleh bebatuan yang tersusun rapi merupakan Pulau yang tidak berpenghuni tetapi pulau ini indah dan menarik.  

Demikianlah informasi yang dapat penulis sampaikan apabila ada kritik dan saran dapat di poskan di pos komentar yang telah tersedia demi kemajuan dan tambahan informasi buat artikel ini. Trimakasih.
Previous
Next Post »