Pesona Wisata Taman Laut Bunaken

Berlibur wisata ke Manodo sepertinya kurang seru dan lengkap apabila tidak mengunjungi spot wisata Bunaken yang terkenal dengan taman lautnya yang luar biasa indah. Terumbuh karang yang tumbuh dengan beraneka warna semakin membuat taman laut Bunaken semakin indah dan terkenal hingga ke mancanegara.

Banyak wisatawan yang melakukan kegiatan diving dan snorkeling di laut Bunaken ini. Tercatat dalam data statistik pengunjung wisata Bunaken dari tahun ketahun wisata Bunaken selalu mengalami peningkatan wisatawan yang cukup meningkat.


Seperti yang tercatat jumlah pengunjung Wisata Bunaken pada penutupan bulan Agustus tahun 2012 jumlah wisatawan dengan komposisi wisatawan dari dalam negeri mencapai 21.889 orang dan wisatawan dari luar negeri mencapai 7.850 orang sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah rata-rata wisatawan setiap tahunnya yang datang untuk berwisata di Bunaken mencapai lebih dari 35.000 orang.



Tempat berlibur wisata Bunaken Manado memiliki keindahan dan keunikan yang berupa hamparan terumbu karang yang beraneka bentuk dan warna ini sampai sekarang masih terjaga kelestariannya. Spot wisata laut dengan terumbu karangnya sangat cocok buat Anda para pecinta kegiatan snorkeling dan diving.

Taman laut Bunaken berada di kawasan Teluk Manado dan secara geografis terletak di sebelah utara pulau sulawesi. Taman laut Bunaken resmi didirikan oleh pemerinta Republik Indonesia pada tahun 1991 dan mencakup luas wilayah hingga +  890,65 Km2 atau 97 persen taman nasional Bunaken berupa habitat laut yang kedalamannya hingga mencapai 1000 m dan 3 persen lainnya adalah daratan yang mencakup 5 pulau yaitu: Bunaken, Naen, Siladen, Manado Tua, dan Mantehage.


Taman Nasional Bunaken sendiri memiliki lebih dari 390 spesies terumbu karang dan juga memiliki 2000 jenis ikan, reptil, mamalia laut, dan moluska, sehingga keindahan wisata laut Bunaken Manado ini sering di kunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun wisatawan dari mancanegara. 

Memang keindahan pesona wisata Taman Laut Bunaken tidak perlu ditanya lagi sebab wisata Taman Laut Bunaken memiliki karakter laut yang eksotis dan unik yang mana karakteristik dari alam bawah laut UnderWater Great Wall atau sering disebut sebagai hanging  wall yang berarti dinding-dinding karang raksasa berbentuk Vertikal dan melengkung keatas  mencapai ketinggi 25-50 meter.

   
Berbicara mengenai kegiatan Diving dan Snorkeling dapat Anda puaskan di taman laut Bunaken. Apabila Anda ingin melakukan kegiatan tersebut tetapi perlengkapan Diving dan Snorkeling lupa Anda bawa, sebaiknya Anda tidak perluh kawatir sebab di kawasan Bunaken terdapat banyak tempat-tempat penyewaaan berbagai perlengkapan Diving dan Skorkeling seperti masker, wetsuit, dan sepatu katak dengan cukup membayar uang sewa setiap orang sebesar Rp. 150.000 per satu hari.

Bukan hanya perlengkapan Diving dan Snorkeling saja yang dapat membantu kegiatan wisata Anda, tetapi juga dapat  mengambil / mengabadikan foto-foto unik Anda ketika berada dibawah laut dengan cukup membayar Rp. 350.000. Apabila Anda masih tergolong kedalam penyelam yang amatir/ pemula Anda juga dapat memintah bantuan atau tuntunan pemandu dan biaya biaya yang dikeluarkan untuk pemandu tersebut sebesar Rp. 150.000.  

Pantai di Bunaken juga tak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya. Disini Anda juga dapat berjalan-jalan santai di pinggir pantai sambil memandang laut yang berwarna biru kehijauan. dan apabila Anda pengen mengelilingi laut Bunaken dari atas permukaan laut disini juga tersedia sebuah alat transportasi yang bernama Katamaran atau kapal berkaca dan kapal selam Blue Banter .

Dengan kapal Katamaram yang memiliki kaca pada dindingnya memungkinkan Anda dapat menikmati pesona bawah laut. dengan puas.



Apabila Anda ingin masuk dan menikmati keindahan dari Taman Laut Bunaken, Anda harus memiliki tanda masuk dan tiket yang mana  tanda. Yang mana itu semua dapat Anda dapat di kota Manado ataupun Anda dapat langsung dapatkan di lokasi Taman Laut Bunaken, dengan rincian biaya harga tiket masuk untuk setiap wisatawan dalam negeri sebesar Rp.2000 dan wisatawan mancanegara sebesar Rp. 50.000 per hari.

Demikianlah artikel seputar tempat berlibur wisata Taman Laut Bunaken ini, semoga informasi tadi dapat menambah wawasan kita serta dapat membantu kita dalam kegiatan liburan di Taman Laut Bunaken.


Previous
Next Post »