Kamis, 03 Maret 2016

Tempat-tempat Wisata di Sumatera Utara Paling Terkenal dan Wajib untuk Dikunjungi

Tempat Berlibur Wisata - Sumatera Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan bermacam-macam Etnis, Agama, dan Ras yang terjaga kerukunannya. Kota Medan sebagai Ibukota dari Sumatera Utara juga termasuk kedalam kota Metropolitan terbesar di Indonesia.

Tak disangka Sumatera Utara yang terkenal akan Multikulturalnya itu juga menyimpan banyak sekali tempat-tempat berlibur wisata yang unik, menarik dan wajib untuk Anda kunjungi.


setiap tahunnya Sumatera Utara selalu dibanjiri oleh wisatawan baik wisatawan yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri. Bagi Anda yang ingin berlibur wisata ke sumatera utara, kami merangkum beberapa informasi mengenai tempat-tempat wisata unik dan menarik yang dapat anda kunjungi di Sumatera Utara, yaitu diantaranya:


1. Danau Toba

Udara sejuk, dengan daratan tinggi yang, menarik dan unik adalah salah satu dari sekian banyak ciri khas dari tempat wisata Danau Toba. Dengan perpaduan pegunungan hijau dan hamparan danau biru yang luas, Danau Toba menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah.
 


Danau yang termasuk ke dalam salah satu danau terbesar di Dunia sudah menjadi salah satu destinasi pilihan wisata di Indonesia maupun Dunia. Kota Parapat adalah salah satu kota yang terdapat di tepi Danau Toba dan dari Kota Parapat ini juga Anda dapat menikmati keindahan danau toba.

Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan saat berada di Danau Toba ini, diantaranya: Anda bisa berkeliling Danau menggunakan boat atau banana boat, memancing, berenang dan masih banyak lagi. Juga dikawasan Danau Toba terdapat beberapa tempat penginapan, hotel maupun restoran yang menyediakan makanan yang enak-enak.


Dan satu hal yang tidak perluh dilupakan bahwa bila Anda berlibur wisata ke Danau Toba jangan lupa membawa jaket atau kain hangat, sebab suhu yang berada di sekitar Danau Toba terbilang dingin.


2. Danau Law Kawar

Di Sumatera Utara selain terdapat Danau Toba yang menjadi tempat pilihan destinasi wisata juga terdapat Danau yang tak kalah indah seperti Danau Toba, yaitu Danau Lau Kawar. Danau Law Kawar yang memiliki luas 200 hektar berlokasi di kawasan gunung Sinabung atau di  kawasan ekosistem Leuser tepatnya di Desa Kuta Gugung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.



Danau tenang dengan airnya yang jernih menjadi tempat berlibur yang sangat cocok buat Anda yang lelah dalam beraktifitas di keseharian.


3. Air Terjun Sipiso-piso
 

Siapa yang tak tahan dengan keindahan tempat berlibur wisata yang satu ini, ialah Air Terjun Sipiso-piso. Air Terjun Sipiso-piso ini menyimpan banyak sekali keindahan yang tak boleh dilewatkan.


Air Terjun Sipiso-piso memiliki ketinggian + 120 m dengan berbagai keunikan diantaranya kontur pegunungan dan perpaduan dengan hamparan Danau Toba yang luar biasa indah. 

Bila Anda berlibur wisata ke Air Terjun Sipiso-piso ada baiknya Anda membawa jaket atau pakaian hangat, sebab daerah wisata yang satu ini memiliki temperatur yang dingin.  


4. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Inilah salah satu tempat berlibur wisata yang unik dan menarik yang wajib Anda Kunjungi, ialah Air Terjun Telaga Dwi Warna. Air Terjun ini merupakan tempat destinasi liburan yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan baik wisatawan dari daerah Sumatera Utara maupun dari luar Sumatera Utara bahkan tak jarang banyak di temukan wisatawan dari Luar Negeri yang datang untuk berlibur wisata ke Air Terjun Telaga Dwi Warna ini.


Pada Air Terjun Telaga Dwi Warna terdapat keunikan, yaitu terdapatnya 2 sensasi air yang berbeda diantaranya Air Dingin yang identik dengan warna biru dan Air Hangat yang identik dengan warna putih. Air Terjun Telaga Dwi Warna adalah Air Terjun yang berlokasi di Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.

Bila Anda ingin menuju Air Terjun Telaga Dwi Warna dibutuhkan perjalanan treking selama + 3 jam dari Sibolangit, ya memang perjalanan ini perjalanan yang sangat melelahkan namun rasa letih dan lelah yang Anda rasakan akan terbayar lunas dengan keindahan Air Terjun ini.


5. Air Terjun Sigura-gura

Anda pecinta arung jeram?? Mungkin nama Air Terjun Sigura-gura adalah bukan nama yang asing lagi didengar. Ya Air Terjun Sigura-Gura merupakan spot yang cocok dan baik buat Anda yang suka dengan kegiatan Rafting, sebab aliran Air Terjun Sigura-gura terkenal dengan keganasan jeramnya baik arusnya yang deras maupun kontur dari sungai yang berbatu-batu.

Aliran Air Terjun Sigura-gura ini sering kali dijadikan tempat kompetisi Rafting baik ditingkat Indonesia maupun ditingkat Dunia. Air Terjun Sigura-gura merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan tinggi + 250 m.

Bukan hanya penampakan Air Terjun yang mempesona, juga di sekitar Air Terjun terdapat pemandangan alamnya yang indah, unik dan menarik bukan??. Air Terjun Sigura-gura berlokasi di Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.


6. Air Terjun Janji - Baktiraja 

Keindahan alam Danau Toba sudah terkenal,  pemandanga alam danau terluas nomor dua di dunia ini ternyata bukan hanya sekedar panorama alam danau dengan perbukitan yang mengelilingi- nya saja, tetapi di tempat-tempat lain disekitar Danau Toba ternyata masih menyimpan panorama alam yang unik dan menarik yang wajib dikunjungi.


Diantaranya Air Terjun Janji yang terletak di Kecamatan Bakti Raja kabupaten Humbang Hasundutan. Air Terjun Janji menyuguhkan panorama air terjun yang sangat indah dengan situasi alam yang masih terjaga keasriannya.


7.Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah pulau yang terletak di tengah Danau Toba. Pulau Samosir dikatakan pulau yang unik dan menarik sebab pulau Samosir berada di dalam pulau Sumatera. Pulau Samosir salah satu destinasi tempat berlibur wisata yang banyak dikunjungi, baik wisatawan dari dalam Negeri maupun wisatawan Mancanegara. 

Bila Anda berada di Parapat dan ingin berlibur wisata ke Pulau Samosir Anda bisa menggunakan Kapal Fery atau kapal cepat lainnya.


8. Pantai Pandan Sibolga


Pantai Pandan terletak di pesisir Sibolga dan salah satu pantai yang paling terkenal di Sibolga. Sibolga merupakan kota kecil yang berlokasi di pesisir Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Sibolga sangat terkenal dengan wisata alam baharinya. Pantai Pandan salah satunya, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan dari Dalam Negeri maupun dari Luar Negeri,baik hari-hari biasa maupun pada saat hari libur. Pantai ini di kelola langsung oleh pemerintah Sibolga. Pantai ini wajib dikunjungi sebagai tempat berlibur wisata Anda sebab pantai Pandan ini sangatlah indah dan menarik.


9.Istana Maimun


Istana Maimun adalah tempat berlibur wisata yang berlokasi di Jalan. Brigjen Katamso, Kec.Medan Maimun. Sumatera Utara. Sebagai tempat rekreasi yang mendidik, Istana Maimun ini dapat Anda jadikan sebagai destinasi tempat wisata sebab didalam Istana terdapat banyak peninggalan-peninggalan kerajaan Melayu pada masa dulu. 

Bila Anda berkunjungi ke kota Medan, jangan lupa untuk berkunjung juga ke Istana Maimun, Istana Maimun buka dari pukul 08.00 sd 17.00 Wib dan biaya tiket masuk Istana Maimun sebesar Rp.8000 per orang.  


10.Bukit Lawang


Bukit Lawang adalah tempat wisata lain yang berada di Provinsi Sumatera Utara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Berlokasi di Kec.Bohorok, Kab.Langkat, Sumatera Utara atau + 3 jam perjalanan dari Kota Medan.

Bukit Lawang di jadikan salah satu tempat konservasi jenis primata asli Indonesia yang saat ini keberadaannya hampir punah,yaitu Orang Utan. Tidak perlu heran bila tempat ini sangat identik dengan maskot Orang Utan yang sangat lucu, unik dan menarik. terdapat sekitar 500 ekor Orang Utan yang hidup bebas di taman konservasi Bukit Lawang.

Kawasan Bukit Lawang ini tidak hanya terkenal dengan satwa Orang Utannya saja, melainkan terdapat beberapa objek wisata lainnya yang tidak boleh terlewatkan dan wajib untuk dikunjungi dalam mengisi liburan. Bukit Lawang yang merupakan Hutan Hujan Tropis masih terjaga keasriannya.Dan juga selain Primata Orang Utan yang menjadi maskot tempat ini, juga terdapat jenis satwa liar lainnya seperti Badak Sumatera yang juga sudah di klaim hampir punah, Rusa Sambar, kambing hutan, dan gajah Sumatera.


11.MuseumTB Silalahi

Sebagai salah satu tempat berlibur wisata dan juga tempat Rekreasi yang sangat cocok buat semua keluarga, Museum TB Silalahi Center menyediakan semua hal yang berhubungan dengan budaya Batak sehingga dapat menambah pengetahuan kita.

 



Bagi anda yang ingin mengenal lebih dekat bagaimana budaya Batak, cobalah mengunjungi Museum Batak Balige yang berlokasi di Jl. Pagar Batu 88 Balige, Sumatera Utara atau lebih tepatnya di dalam Komplek TB Silalahi Center, Desa Soposurung. Dengan berlokasi di pinggiran Danau Toba, Komplek TB Silalahi menghadirkan pemandangan yang begitu memikat. 

Terdiri dari 3 lantai, museum ini dirancang dengan desain interior modern yang dibalut oleh ukiran gorga. Di lantai 2 dan 3 gedung, anda bisa menyaksikan kekayaan alam Sumatera Utara berupa Danau Toba dan lanskap Balige yang terlihat jelas.

1 komentar:

  1. Wah indah2 ya tempat wisata di sumatera .. .. yang paling ingin saya kunjungi adalah danau toba. yuk yang bagi ada yang mau ke sumatera beli tiket pesawatnya ma ane aja ya di www.otiketindonesia.com

    BalasHapus